Selasa, 26 April 2011

Makalah Pembuatan Blog


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Sumber informasi yang diminati dewasa ini adalah internet. Jaringan komputer dibelahan dunia ini mampu menyajikan informasi secara lengkap dan aktual, yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan.


Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.
Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan dapat digunakan ajang untuk berbisnis.
B.   Permasalahan
Dalam makalah ini ada beberapa permasalahan yang akan dibahas antara lain




1.      Pengertian dan sejarah Blog
2.      Cara Pembuatan Blog bagi pemula
3.      Memodifikasi Blog

C.  Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah:
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
2.      Untuk mendapatkan nilai UAS mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) 
3.      Menambah wawasan penulis tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi
4.      Menambah pengetahuan penulis tentang Internet
BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Dan Sejarah Blog
1.      Pengertian Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.
Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger.
Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
2.    Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
B.       Cara Pembuatan Blog
Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger, dimana ketika mendaftar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : contohsaja.blogspot.com
Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan bsi121a.blogspot.com di ubah menjadi bsi121a.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.
Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com
Untuk mengurangi hal yang tidak perlu di tulis, berikut cara membuat blogger di blogger.com
1.      Membuat Email
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya.
2.      Daftar Blog di blogger
  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah dipahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).

  1. Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.

  1. Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.

  1. Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.

  1. Akan ada tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.

  1. Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.

  1. Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda.
  2. Selesai.

C.       Modifikasi Blog
1.      Memposting Blog dan memberi text pada Blog

Kali ini akan di bahas tentang tata cara posting di blogger.com dan bagaimana memberi text. Di dalam menu posting ada beberapa toolbar yang bisa anda gunakan. Cara penggunaan toolbar  adalah dengan cara memblok terlebih dahulu tulisan yang akan di edit, kemudian tekan tombol toolbar yang di inginkan.
Agar blog dapat diisi text yang diinginkan lakukan langkah berikut:
a)      Masuk menu Posting
b)      Klik menu buat (untuk membuat awal text)
c)      Ketik judul Blog yang nanti akan ditampilkan
d)     Tulis puisi atau apasaja sesuai keinginan pada text area yang diinginkan
e)      Untuk mengatur text contoh perataan atau memberi warna huruf gunakan toolbar yang tersedia
f)       Publikasikan (otomatis text tersebut akan tampil pada blog yang dibuat dan sudah tersimpan)

1.      Memberi Gambar
Untuk memberi gambar pada blog bisa melakukan langkah berikut
a)      Klik Icon Gambar (image)
b)      Pilih jenis letak gambar
c)      Klik Browser untuk mengambil gambar pada file
d)     Beri tanda cek pada konfirmasi persyaratan
e)      Publikasikan (simpan pengaturan)
f)       Tunggu Proses sampai muncul selesai
g)      Klik selesai untuk lanjut (gambar akan munul pada area) Publikasikan


2.      Memberi Bingkai pada gambar
Dalam sebuah gambar bisa diberi bingkai agar gambar yang dibuat kelihatan lebih rapi, untuk membuat sebuah bingkai kita harus sudah mempunyai sebuah alamat gambar. Karena kita sudah mempunyai sebuah gambar kita tinggal mengcopy-paste kode dari gambar yang kita buat. Untuk cara lakukan langkah berikut:
a)      Masuk pada menu posting
b)      Klik edit posting
c)      Masuk pada blog yang pernal ada gambarnya
d)     Klik edit HTMl
e)      Untuk dapat membuat Bingkai pada foto yang ada kita harus menyisipkan beberapa
atribut kedalam kode gambar tersebut. Beberapa atribut yang dipakai dalam pembutan bingkai antara lain:
Ø  Padding : adalah jarak atau ruang kosong yang dibuatagarterpisah dengan border atau bingkai.
Ø  Border : adalah besarnya bingkai yang akan dibuat,
Ø  #BEBBB : adalah kode warna yang mau di tampilkan
untuk pembuatan bingkai kita pakai tag.

3.      Mengedit Postingan
Jika blog yang dibuat ingin edit maka lakukan langkah berikut;
a)      Masuk pada menu Posting
b)      Klik sub menu Edit Posting
c)      Klik blog yang ingin di edit
d)     Beri tanda pada option button pada blog yang ingin diedit
e)      Klik edit (maka blog yang akan diedit akan muncul)
f)       Silahkan edit text atau gambar yang sudah dibuat pada Blog
g)      Setelah selesai klik publikasikan (blog anda otomatis disimpan dan akan dipublikasikan)
4.      Menampilkan uraian pada Blog
Jika ingin memberikan Uraian pada judul Blog kita lakukan langkah berikut ini:
a)      Klik menu pengaturan
b)      Kemudian klik sub menu dasar
c)      Tulis judul Blog pada menu judul
d)     Tulis Uraian yang diinginkan pada form uraian
e)      Jawab ya untuk ‘Tambahkan blog anda ke daftar milik kami”
f)       Jawab ya untuk “Tampilkan editing cepat dari Blog anda’
g)      Simpan pengaturan

5.      Mempublikasikan Pengaturan
Jika kita ingin memplubikasikan uraian dalan judul Blog yang dibuat caranya sebagai berikut:
a)      Klik menu pengaturan
b)      Klik sub menu publikasikan
c)      Tulis alamat Blog ke dalam “Alamat Blog Spot”
d)     Kirim Pings jawab “ya’
e)      Simpan pengaturan

6.      Menformat komentar Blog
Jika kita ingin menformat Tampilan Blog, caranya adalah sebagai berikut:
a)      Klik menu pada Pengaturan
b)      Klik sub menu format pada menu pengaturan
c)      Tulis berapa postingan yang akan diperlihatkan di halaman utama form “perlihatkan”
d)     Format tanggal Header “tulis format tanggal;
e)      Format tanggal Index arsip “Ketik arsip bulan berapa’
f)       Format timestamps (03:17)
g)      Zona waktu (pilih zona waktu yang diinginkan)
h)      Bahasa (pilih bahasa yang diinginkan
i)        Konversi ganti baris pilih “ya”

7.      Pengaturan Komentar
Jika ingin memformat komentar lakukan langkah berikut;
a)      Klik menu pengaturan
b)      Kkik menu sub komentar pada menu pengaturan
c)      Pada form komentar pilih option perlihatkan (untuk memperlihatkan komentar pada blog)
d)     Pada form siapa saja yang bisa berkomentor (pilih siapa saja)
e)      Default komentar untuk posting (ketik Posting baru tidak memiliki komentar)
f)       Link balik pilih sembunyikan
g)      Frekuensi arsip pilih halaman
h)      Aktifkan halaman posting pilih “ya”
i)        Simpan pengaturan untuk lanjut

8.      Menambah halaman
Langkah-langkah untuk menambah halaman adalah sebagai berikut:
a)      Pilih dan klik bagian mana yang akan diedit atau di tambah elemen halaman.
b)      Pilih salah satu diantara pilihan yang tersedia (jika ingin menginginkan gambar pada halaman yang diinginkan klik gambar)
c)      Cari letak gambar pada browser
d)     Beri tanda cek pada konfirmasi persyaratan
e)      Publikasikan (simpan pengaturan)

9.      Menambah elemen halaman teks
Langkah-langkah untuk menambah elemen halaman teks adalah sebagai berikut:
a)      Sign in ke blogger anda
b)      Klik menu template
c)      Klik sub menu Template
d)     Pilih dan klik bagian mana yang akan diedit atau di tambah elemen halaman
e)      Pilih salah satu diantara pilihan yang tersedia (jika ingin menginginkan teks pilih teks pada pilihan)
f)       Tulis judul teks pada form judul
g)      Tulis konteks yang diinginkan pada form konteks
h)      Publikasikan (simpan pengaturan)
















BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Dari uraian bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Blog merupakan kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Blog juga bisa disebut sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Untuk pembuatanya pun tidak terlalu sulit, hal itu bisa kita lihat dari uraian bab 2 yang menjelaskan bagaiamana cara membuat dan memodifikasi blog.
B.   Saran
Untuk menciptakan sebuah blog maka kita harus mempunyai sebuah account  atau alamat email. Oleh karena itu sebelum membuat blog disarankan untuk membuat sebuah account email terlebih dahulu. Selain itu kita harus menentukan fungsi dan tujuan dari blog yang akan kita buat sehingga blog yang dibuat benar-benar bermanfaat.


10 komentar:

  1. AgenBola855,com | mybet188,com | Agen Taruhan Bola Online Terpercaya
    Promo Bonus Semua Member | Agen Bola | Taruhan Bola | Judi Bola | Judi Online | Agen Casino
    Deposit Mulai Rp50rb, dapat Bonus Beeting dari Agen Bola Terpercaya Anda, Deposit Minimal dengan Bonus? Maksimal? dari Agen Bola Kesayangan Anda
    silahkan register disini,
    agenbola855,com/register | mybet188,com/register
    link bebas nawala disini
    118.139.177.66/~mybet188 | 203.124.99.248/~agen855

    BalasHapus
  2. makalahnya menarik, menambah wawasan, artikelnya oke ;) kunjung baliknya ditunggu ya gan :) ( http://www.tanyatedy.com )

    BalasHapus
  3. alhamdulillah bermanfaat sekali...thanks gan .. :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Makasih gan ini sangat membantu

    BalasHapus
  6. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
    hanya di sini JP berapapun di bayar.
    discount 29%/59%/66%
    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%
    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

    BalasHapus
  7. Playtech Casino Map & Review (2021) - Mapyro
    Overview, History, Games, Software and This 청주 출장안마 online gambling site 구리 출장샵 is not 광양 출장샵 owned or operated by nor is it 통영 출장샵 endorsed by any 거제 출장안마 professional or collegiate league.

    BalasHapus